RSS

VR & AR

11 Okt

Bicara tentang kemajuan teknologi memang tidak ada habisnya. Dari dahulu samapi sekarang ada saja istilah-istilah baru. Salah satunya seperti yang satu ini, New Media. Apa sih New Media itu? Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya kita tahu arti dari setiap kata yang membangunnya. Ehemm ,, ‘Media’ sebenarnya merupakan bentuk jamak dari kata medium yang berasal dari bahasa latin. Namun jika dilihat dari sudut pandang harfiah, media / medium mempunyai arti perantara atau pengantar. Dan pengertian secara umum menyimpulkan bahwa media itu adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi (perantara) dari sumber informasi kepada penerima informasi yakni kita-kita ini.Apakah pengertian ‘baru’ disini? baru (new) disini sesuatu yang bersifat inovatif yakni perubahan yang melahirkan sesuatu yang sangat dinantikan semua orang.Oleh karena itu, New Media adalah media baru sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi sekarang dan mendatang bersama-sama dengan komputer digital. Mereka (new media) meninggalkan teknologi yang masih bersifat analog, mekanik, boros energi, tidak ramah lingkungan dan yang pasti masih menggunakan teknologi yang rendah alias jadul.

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi juga berpengaruh kepada paradigma masyarakat saat ini yang mengubah keseluruhan cara pandang tentang berbagai masalah dan persoalan yang dihadapi. Contohnya dalam hal media massa yang sudah dikenal dengan RSS Feed. Dan lagi-lagi ini berkaitan dengan internet / bersifat jaringan. Masyarakat yang mendapatkan informasi lewat RSS Feed berarti sudah memanfaatkan new media. Yang RSS Feed sendiri adalah berita / informasi yang disampaikan dan ditampilkan dengan berlangganan di suatu situs sumber informasi.

Manfaat media yang begitu kompleks nan luas yaitu memudahkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu dan bukan hanya informasi tetapi yang kita cari tanpa perlu repot lagi. Media juga mengantarkan taraf hidup manusia mejadi lebih mudah. Media juga tak bisa lepas dari peran teknologi yang maju saat ini, tanpa teknologi media takkan berarti apa-apa.

Selain teknologi, new media juga tidak bisa dipisahkan dengan dunia digital. Ini disebabkan sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital yang seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mudah, interaktif dan tidak memihak. Contohnya internet, dari internet saja kita bisa mengambil banyak manfaat dari sana. Termasuk yang lagi tren saat ini yakni jejaring sosial macam facebook dan twitter. Komponen – komponen dari new media terdiri dari pembuat, penyalur dan juga pemakai dari new media itu sendiri.

Berikut ini adalah contoh teknologi apa saja yang termasuk media baru yaitu :

    • Internet
    • Televisi Digital / Plasma TV
    • Digital Cinema / 3D Cinema
    • Superkomputer / Laptop
    • DVD / CD / Blue Ray
    • MP3 Player
    • Ponsel / PDA Phone
    • Video Game
    • RSS Feed
    • Streaming Video
    • Dan lain-lain

Sumber :

http://safemode.web.id/artikel/teknologi/new-media

Ex: for AR

Mini-tanks came out in sequence from a hole in my room wall

Ex: for VR

Kinect hack creates world’s greatest shadow puppet

PENJELASAN:

Pada video AR diatas terdapat sebuah Tang yang keluar melalui sebuah prosesor yang didalamnya sudah dirancang sehingga dapat menampilkan sebuah gambar Tang berbentuk 3D dan bergerak saat terekam oleh kamera HP atau webcame,lalu pada video VR diatas terdapat seorang wanita yang menggunakan tangannya sebagai sebuah sensor untuk membuat animasi 3D sebuah burung yang telah diprogram dalam sebuah laptop tersebut

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 11, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: